Selasa, 06 Maret 2012

ABSTRAK

ABSTRAK Awan Sukmawan : MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT NEGATIF DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GARIS BILANGAN Dalam pembelajaran matematika di Sekolah Dasar media pembelajaran. Memegang peranan penting sebagai alat yang dapat mendorong belajar lebih efektif. Oleh karena itu Guru Sekolah Dasar tidak cukup memiliki pengetahuan tentang media pembelajaran saja, tapi sebaiknya memiliki keterampilan memilih dan menggunakan media pembelajaran dengan baik. Kenyataan dilapangan dalam pembelajaran matematika Guru Sekolah Dasar jarang menggunakan media pembelajaran sehingga hasil pembelajaran matematika belum optimal. Bertolak dari uraian diatas, yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah
“ Bagaimanakah mengefektifkan penggunaan media garis bilangan sebagai upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam penjumlahan bilangan bulat negatif”. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc. Tagart yang terdiri dari 2 siklus. Masing- masing siklus terdiri dari empat tahapan kegiatan yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan 3) observasi 4) refleksi dan rekomendasi. Landasan teoritik dari penelitian ini adalah : 1) pembelajaran matematika di SD, 2) Model garis bilangan merupakan media dalam pembelajaran Matematika di SD. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes awal untuk mengetahui kemampuan siswa sebelum dilaksanakan penelitian, lembar observasi untuk mengamati hasil rancangan rencana pembelajaran 1) hasil rancangan silabus pembelajaran 2) kemampuan Guru dalam pembelajaran, 3) aktifitas siswa dalam kegiatan belajar, serta tes akhir untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam melakukan operasi hitung tentang penjumlahan bilangan bulat negatif dengan menggunakan media garis bilangan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media garis bilangan ternyata dapat membantu guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran serta telah terbukti dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berhitung tentang penjumlahan bilangan bulat negatif ditandai degan perolehan nilai rata- rata pada siklus 1 yaitu 7,12 (7, 12 %) dan pada siklus 2 menjadi 8,40 ( 84 % ) ini berarti telah melebihi target pencapaian belajar tuntas yang telah ditetapkan yaitu 75 % . Jadi penggunaan media garis bilangan dalam pembelajaran matematika topik berhitung dikelas IV SD merupakan salah satu alternatif yang dapat dipilih dan digunakan oleh Guru Sekolah Dasar dalam upaya peningkatan kemampuan siswa dalam berhitung tentang penjumlahan bilangan bulat negatif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar