ABSTRAK
Awan Sukmawan : MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA
DALAM PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT NEGATIF DENGAN
MENGGUNAKAN MEDIA GARIS BILANGAN
Dalam pembelajaran matematika di Sekolah Dasar media pembelajaran.
Memegang peranan penting sebagai alat yang dapat mendorong belajar lebih
efektif. Oleh karena itu Guru Sekolah Dasar tidak cukup memiliki pengetahuan
tentang media pembelajaran saja, tapi sebaiknya memiliki keterampilan memilih
dan menggunakan media pembelajaran dengan baik. Kenyataan dilapangan
dalam pembelajaran matematika Guru Sekolah Dasar jarang menggunakan media
pembelajaran sehingga hasil pembelajaran matematika belum optimal.
Bertolak dari uraian diatas, yang menjadi permasalahan dalam penelitian
ini adalah
“ Bagaimanakah mengefektifkan penggunaan media garis bilangan
sebagai upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam penjumlahan bilangan
bulat negatif”.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan
model Kemmis dan Mc. Tagart yang terdiri dari 2 siklus. Masing- masing siklus
terdiri dari empat tahapan kegiatan yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan 3)
observasi 4) refleksi dan rekomendasi.
Landasan teoritik dari penelitian ini adalah : 1) pembelajaran matematika
di SD, 2) Model garis bilangan merupakan media dalam pembelajaran Matematika
di SD.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes awal untuk mengetahui
kemampuan siswa sebelum dilaksanakan penelitian, lembar observasi untuk
mengamati hasil rancangan rencana pembelajaran 1) hasil rancangan silabus
pembelajaran 2) kemampuan Guru dalam pembelajaran, 3) aktifitas siswa dalam
kegiatan belajar, serta tes akhir untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam
melakukan operasi hitung tentang penjumlahan bilangan bulat negatif dengan
menggunakan media garis bilangan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media garis bilangan
ternyata dapat membantu guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan
dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran serta telah
terbukti dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berhitung tentang
penjumlahan bilangan bulat negatif ditandai degan perolehan nilai rata- rata pada
siklus 1 yaitu 7,12 (7, 12 %) dan pada siklus 2 menjadi 8,40 ( 84 % ) ini berarti
telah melebihi target pencapaian belajar tuntas yang telah ditetapkan yaitu 75 % .
Jadi penggunaan media garis bilangan dalam pembelajaran matematika
topik berhitung dikelas IV SD merupakan salah satu alternatif yang dapat dipilih
dan digunakan oleh Guru Sekolah Dasar dalam upaya peningkatan kemampuan
siswa dalam berhitung tentang penjumlahan bilangan bulat negatif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar